Monday, March 23, 2009

Being a chef

Pernah gak membayangkan belajar jadi chef dalam waktu yang sangat singkat tapi menghasilkan makanan ala Barat yang enak. Hari Sabtu kemarin, gw belajar jadi chef cuma semalem. Bayangkan berapa banyak masakan yang gw bikin dalam sekejap. Wow.. enak enak bener masakan yang gw bikin.. Jadi ngiler. Apalagi baru pemula, resepnya pun mudah. Walaupun dalam pembelajaran gw cuma dapet 1 nilai C. hehehe... ^_^. Mo ikutan juga kayak gw. Yuk...! kita belajar masak.

Gw belajar masakan ala barat di sini, di Cooking Academy.

Ternyata ya.. gw cuma main game. wekekeke... Game ini baru diinstall ma adik gw hari Kamis. Tapi asli seru banget. Kita dituntut buat bikin makanan yang baik dan benar yang harus enak. Pengen sih bisa bikin masakan yang kayak gitu. Ampe gw catetin cara-caranya. hehehe.. niat bener ya gw. Tapi, gw jadi penasaran buat nyoba bikin masakan yang kayak di game itu.

Akhirnya gw memutuskan buat bikin Hasbrown... Resep ini gw yang bikin, dengan dimodifikasi tentunya. Penampakannya amburadul, hancur berantakan, dan gagal total. hiks..hiks.. tapi kata nyokap, sama adik gw yang nyobain Hashbrown modifikasian gw, mereka bilang enak. Padahal kalo menurut gw itu keasinan. hehehe...



Mo tau resep bikin Hashbrown modifikasi gw, yuk mari..
Bahan:
3 buah kentang
1 butir telur
1 bawang bombay
Keju quick melt secukupnya
garam secukupnya
lada secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas kentang, kemudian parut kasar.
2. Cuci, buang airnya.
3. Bawang bombay, dicincang kasar.
4. Masukkan 1 butir telur yang sudah dikocok.
5. Tambahkan bawang bombay, garam, dan lada secukupnya.
6. Siapkan penggorengan anti lengket, kemudian taruh adonan yang sudah tercampur.
7. Tekan tekan, balik, tutup penggorengan dan masak dengan api kecil. Soalnya klo pake api besar takut gosong dan jadi gak mateng.
8. Setelah terlihat hampir matang iris keju quick melt tadi di atas hashbrown yang telah hampir matang. Tutup kembali.
9. Setelah 3 menit, dan keju udah hampir leleh. Matikan api lalu angkat.
10. Hidangkan.

Nah, hari ini gw search di google ternyata gw menemukan Hasbrown ala Barat beneran. Di http://www.liketocook.com/50226711/baked_hash_browns.php



Baked Hash Browns
2 large potatoes (any cultivar works fine), approx. 1/2 kg.
1 small onion, finely chopped
1 tbsp. olive oil, butter or margarine
1/4 tsp. salt
ground black pepper

Peel potatoes and grate coarsely. Gently rinse the grated potatoes then place in a cheese cloth and squeeze out as much liquid as possible.

In a mixing bowl, combine all ingredients and mix well. Form into patties. You can freeze some for later use.

In a non-stick pan, bake in medium heat or fry till golden brown.

[If frying, let each side cook between 3-5 minutes before turning. Check every now and then to make sure the hash browns don't burn - remember starch burns easily.]

Makes around 4 small patties

No comments:

Post a Comment