Thursday, February 5, 2009

Slumdog Millionaire


Film garapan sutradara Danny Boyle berhasil memenangkan kategori Best Motion Picture untuk film Drama di ajang Golden Globe 2009 kemarin. Dan juga termasuk calon kuat untuk menang di Oscar juga lho!

Slumdog Millionaire menceritakan tentang kisah Jamal Malik, seorang yatim-piatu berumur 18 tahun yang berasal dari daerah pinggiran di India, Mumbai. Sebentar lagi ia akan mendapatkan pengalaman besar dalam hidupnya. Semua orang menontonnya dari layar kaca, ia tinggal selangkah lagi untuk memenangkan uang sejumlah 20 juta Rupee pada acara Who Wants To Be A Millionaire.

Namun karena waktu telah habis, maka acara harus dilanjutkan di minggu depannya lagi. Saat itulah polisi menangkapnya dengan tuduhan bahwa ia melakukan kecurangan. Karena, bagaimana mungkin seorang slumdog (gembel) bisa tahu begitu banyak dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang diajukan oleh pembawa acara? Jamal berusaha untuk membuktikan bahwa ia tak bersalah. Merasa putus asa, akhirnya Jamal pun menceritakan kisah hidupnya saat masih tinggal di daerah pemukiman muslim di daerah pinggiran India dimana ia dan kakaknya (Salim) tumbuh besar bersama, kemudian melarikan diri bersama dan menyelamatkan seorang anak perempuan bernama Latika (yang akan menjadi kisah cintanya) pada saat terjadi pembantaian terhadap kelompoknya, dimana ibunya pun ikut menjadi korban.

Setiap kepingan kisah yang diceritakannya merupakan kunci keberhasilannya dalam menjawab pertanyaan dalam game show tersebut, bahkan untuk pertanyaan yang sifatnya tidak mungkin untuk dijawab, terutama untuk seorang anak gembel seperti dia.

Satu-satunya pertanyaan yang belum terjawab adalah : Bagaimana seorang anak muda yang kelihatannya sama sekali tidak tertarik untuk menjadi kaya raya, melakukan hal ini semua dalam sebuah acara game show?

Saat hari semakin larut dan Jamal harus kembali ke studio untuk menjawab pertanyaan terakhirnya. Inspektur polisi dan 60 juta rakyat India yang menontonnya akan segera mendapat jawabannya.

Sumber: adi sofwan

No comments:

Post a Comment