Wednesday, July 7, 2010

Menu klo lagi tongpes

Masakan klo lagi tongpes. Soalnya bahan dasarnya (daun singkong) diambil dari halaman rumah sendiri.. lagian suami juga doyan.. jadi lumayan udah rada bisaan tanpa harus liat contekan.

Gulai Daun Singkong



Bahan:
Daun singkong
Tahu putih yang telah digoreng
Teri nasi yang telah digoreng
Santan (klo aku pake yang instan)
Cabe rawit utuh
Daun Salam
Sereh
Jahe
Lengkuas
Air secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa sapi secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
Cabe merah
Bawang putih
Bawang merah
Ketumbar
Kemiri
Kunyit

Cara Membuat:
1. Petik daun singkong dari tangkainya, kemudian rebus di air mendidih. beri garam secukupnya.
2. Setelah empuk dan matang. Tiriskan airnya. Kemudian peras airnya. Potong-potong daun singkong sekitar 3 cm. Sisihkan.
3. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak.
4. Tambahkan air secukupnya.
5. Masukkan jahe dan lengkuas yang telah digeprek. Lalu masukkan juga daun salam, sereh, dan garam secukupnya.
6. Kemudian masukkan daun singkong, tahu goreng serta teri. Masak hingga mendidih.
7. Kemudian masukkan santan. Aduk sampai mendidih, supaya santan tidak pecah.
8. Masukkan penyedap rasa sapi secukupnya, kemudian koreksi rasanya.
9. Angkat dan hidangkan.

Catatan:
Daun singkong direbus dulu untuk mendapatkan gulai yang empuk.
Setelah gulai matang, tutup panci sejenak agar “aroma” gulai keluar sempurna


Kemudian bikin pelengkapnya. Sesuai isi kulkas. Akhirnya bikin bakwan simple.

Bakwan Simple



Bahan:
Tepung terigu
Kol
Wortel
Garam
Merica halus
Penyedap rasa secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Kol diiris tipis. Wortel dipotong bentuk korek api.
2. Siapkan tepung terigu, beri garam, merica halus, dan penyedap rasa secukupnya.
3. Kemudian masukkan kol dan wortel.
4. Tambahkan air secukupnya.
5. Aduk hingga merata.

Tips;
Untuk mengaduk adonan bakwan, usahakan jangan terlalu lama dan mengaduknya jangan terlalu kencang. Karena hasil akhirnya bisa keras. Klo bisa, mengaduknya sampe sebentar dan rata kemudian langsung digoreng.


Paling maknyos kalo bikin sambel terasi juga. Tapi gak sempet. Soalnya keburu laper.

*semuanya pake ilmu kira-kira. soalnya ga punya ukuran. pake perasa lidah aja. yang penting enaaaaak...

4 comments:

  1. Klo gw santannya dimasak dulu baru daun singkongnya dimasukin mpe empuk.

    Bukannya klo dimasak berulang2 nilai gizi sudah memudar???CMIIW yaa...

    Hihihihi msg, perasa..atau vetsin mulai dikurangin...**hidup sehat en irit ala gw :D

    ReplyDelete
  2. OK.. thanks ya mba Sal :D *maklum brosing2 di inet nemunya kaya gitu*

    ReplyDelete
  3. maklum dah, emak2 sibok dia :D :D :D :D semua tinggal plung...plung...rebess

    ReplyDelete
  4. kaga ada nasgor yak
    *kaborrrrr*

    ReplyDelete